MANFAAT PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen merupakan
suatu tingkah laku atau bisa berupa suatu tindakan yang dilakukan oleh
konsumen (pembeli), yang mana tindakan tersebut merupakan suatu proses
keputusan sebelum maupun sesudah mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan
produk atau jasa yang akan digunakan oleh konsumen (pembeli). Biasanya
pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan mudah apabila harga suatu barang
rendah dan memiliki kualitas barang yang baik, sedangkan keputusan sulit
(memerlukan pertimbangan) dilakukan apabila harga suatu barang tinggi.
Kajian perilaku konsumen
sangat diperlukan untuk mahasiswa program studi agribisnis, hal ini karena
lulusan agribisnis mungkin nantinya akan berprofesi sebagai manajer, produsen,
birokrat, konsultan, dan peneliti. Dalam menjalani profesi tersebut kajian
perilaku konsumen sangat diperlukan, contohnya apabila kita sebagai manajer
maka kajian perilaku konsumen dapat memberikan petunjuk bagaimana cara manajer
dalam mengambil keputusan terhadap perusahaaannya. Misalnya dapat memilih
strategi pemasaran yang harus dilakukan agar produk yang ditawarkan bisa
terjual dengan jumlah yang banyak, bisa membantu legislator dan regulator dalam
menciptakan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian
barang dan jasa. Selain itu dapat memberikan pengertian dan pemahaman
tentang suatu hal sesuai profesi yang dijalani masing-masing.
Berikut ini akan dibahas
tentang manfaat perilaku konsumen bagi seorang manajer, produsen, birokrat,
konsultan, dan peneliti:
a.
Manfaat
perilaku konsumen bagi manajer
Manajer
merupakan seseorang yang memimpin suatu perusahaan. Dalam menjalankan suatu usahanya
manajer harus mampu memahami perilaku konsumen, hal ini karena manajer pada
dasarnya memiliki tugas yaitu mengawasi serta mengevaluasi perusahaannya agar
dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan menyebarkan informasi serta
mengkoordinir kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan
mempelajari perilaku konsumen manajer dapat mengambil suatu keputusan
berdasarkan keadaan konsumen. Keputusan tersebut tentunya diambil dari
informasi perilaku konsumen yang terjadi, yang mana keputusan tersebut
diharapkan nantinya akan memudahkan dalam memasarkan produknya. Keputusan yang
dimaksud misalnya seorang manajer menentukan produk unggulan apa yang harus
diproduksi dengan jumlah banyak, hal ini bisa dilihat dari perilaku konsumen
yaitu seberapa banyak konsumen mengkonsumsi produk tersebut. Selain itu
keputusan dalam memilih strategi pemasaran agar pemasaran produk berjalan
dengan lancer dan mudah laku di pasaran.
b.
Manfaat
perilaku konsumen bagi produsen
Produsen
merupakan seseorang yang mampu melakukan dan menghasilkan suatu barang (produk
tertentu) yang nantinya produk tersebut akan dijual lagi kepada konsumen guna
memenuhi kebutuhan konsumen yang diperlukan. Produsen menghasilakn suatu barang
guna mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Guna mencapai tujuan
tersebut produsen harus mempelajari perilaku konsumen agar dapat mengetahui
keadaan pasar dan konsumen. Biasanya konsumen menginginkan barang yang murah
tetapi kualitas baik. Permintaan konsumen bermacam-macam tergantung
kebutuhannya, karena banyak macam produk yang dijual dipasaran, kita sebagai
produsen harus bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.
Selain itu produsen harus melihat keadaan pasar dan konsumen sehingga bisa menentukan
bagaimana strategi yang akan digunakan agar produknya bisa terjual. Manfaat
perilaku konsumen bagi produsen yaitu mengetahui, mempelajari, dan memahami
bagaimana strategi atau keputusan yang harus diambil yang bisa dilihat dari
keadaan pasar dan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini produsen harus mampu
membujuk konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi barang yang ditawarkan, dan
mampu memahami cara konsumen dalam bertingkah laku, bertindak, berpikir, dan
yang terpenting bagaimana konsumen mengambil suatu keputusan terhadap
barang yang ditawarkan atau dipasarkan sehingga produsen bisa merancang
strategi pemasaran dengan baik.
c.
Manfaat
perilaku konsumen bagi birokrat
Birokrat
merupakan orang yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan. Birokrat harus
mempelajari perilaku konsumen agar mudah dalam memenuhi kebutuhan kesejahteraan
konsumen. Pemerintah dituntut untuk bisa menyejahterakan masyarakatnya. Dalam
mencapai tujuan tersebut tentunya pemerintah harus mangambil keputusan
yang dilihat dari perilaku konsumen (masyarakat). Misalnya masyarakat
(konsumen) yang berekonomi rendah sulit dalam melakukan pengobatan di rumah
sakit, maka pemerintah harus bisa merasakan apa yang diinginkan oleh masyarakat
(konsumen) dan mampu mengambil keputusan yang dapat memenuhi kesejahteraan
masyarakat, misalnya pemerintah mengadakan pengobatan gratis bagi kalangan
masyarakat yang berekonomi rendah.
d.
Manfaat
perilaku konsumen bagi konsultan
Konsultan
merupakan salah satu profesi yang dilakukan seseorang yang menyediakan
kebutuhan berupa jasa (nasehat dan solusi) berdasarkan bidangnya masing-masing.
Salah satu bidang keahlian konsultan misalnya bergerak di bidang konsultan
dalam hal perilaku konsumen. Dengan mempelajari perilaku konsumen konsultan
dapat memahami kebutuhan konsumen sehingga konsultan mampu memberikan
informasi, nasehat, dan solusi kepada perusahaan tentang bagaimana melakukan
suatu keputusan. Keputusan yang dimaksud yaitu konsultan memberikan penjelasan
kepada suatu perusahaan tentang produk apa yang harus dihasilkan dan dipasarkan
dengan melihat keadaan pasar dan kebutuhan konsumen sehingga produk yang
ditawarkan cepat terjual karena manfaat produk yang dihasilkan.
e.
Manfaat
perilaku konsumen bagi peneliti
Peneliti
merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan memahami
tentang suatu hal. Hal yang diteliti misalnya keadaan pasar dan perilaku
konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen peneliti mendapatkan
pengetahuan. Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai
karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa
konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan
membuang produk. Dalam hal ini peneliti dapat membantu manganalisis keadaan
yang dialami oleh konsumen.
2. Memberikan
contoh situasi dimana strategi pemasaran mempengaruhi perilaku pembelian
Saudara terhadap suatu produk (sebutkan nama produknya)!
Jawab
:
Contoh
Produk Air Minum merk “AQUA”.
a. Product
Produk
aqua menerapkan strategi pemasaran yang tepat salah satunya yaitu dengan
menciptakan produk yang berkualitas. Hal ini karena kualitas produk merupakan
pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh produsen tidak dimiliki oleh produk
pesaing. Kualitas maupun rasa air merk aqua sangat banyak diminati oleh
konsumen karena rasanya yang enak diminum dan tidak pahit.
b. Place
Produk
aqua dijual di supermarket, indomaret dan alfamart, bahkan di setiap toko-toko
kecil menjual produk aqua. Hal ini agar menarik dan memudahkan para
konsumen dalam membeli dan menikmati, sehingga konsumen tidak bingung dalam
membeli produk aqua.
c. Price
Harga
produk aqua relative lebih mahal dari produk air lainnya, biasanya konsumen
berpikir bahwa harga yang mahal identik dengan kualitas yang bagus. Sehingga
konsumen lebih memilih dan membeli produk air merk aqua, apalagi mudah didapat
karena hamper dijual disetiap toko.
d. Promotion
Produk
aqua juga menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada promosi yaitu dengan
menerapkan program peduli sesama dalam pemenuhan air minum. Promosi ini
mempunyai nilai jual lebih yang mengundang konsumen ikut serta dalam kepedulian
masyarakat yang kekurangan air meskipun secara tidak langsung. Produk aqua
harga dipasaran lebih mahal dari merk air lainnya, namun dibalik harga tersebut
sebagian keuntungan diberikan kepada masyarakat yang di daerahnya sulit
terjangkau air. Strategi pemasaran (promosi) semacam ini mulai banyak diminati
produsen, pemasaran yang dilakukan dengan cara promosi semacam ini tampaknya
menjadi strategi baru. Produsen bukan saja menarik perhatian konsumen untuk
membeli tetapi juga menunjukkan perusahaan aqua bisa peduli terhadap masalah
yang terjadi di negara ini.
Dengan diterapkannya strategi-strategi pemasaran
tersebut, tidak heran jika produk AQUA banyak laku di pasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar