Perilaku
konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam
mencari, membeli, memakai, mengevaluasi, dan membuang produk ataupun
jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Atau definisi
perilaku konsumen yang lainnya yaitu proses dan aktifitas saat seseorang
atau organisasi berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
pemakaian, dan pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan
dan kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang
mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa.
Perilaku
konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap diantaranya tahap
sebelum pembelian, pembelian, dan tahap setelah pembelian barang atau
jasa. Pada tahap sebelum pembelian konsumen biasanya melakukan pencarian
informasi mengenai produk dan jasa tersebut. Lalu pada tahap pembelian,
konsumen melakukan pembelian produk atau jasa. Dan pada tahap setelah
pembelian, konsumen akan melakukan konsumsi atau penggunaan produk,
evaluasi kinerja produk atau jasa tersebut, dan pada akhirnya akan
membuang produk atau jasa tersebut setelah digunakannya.
Berikut dibawah ini beberapa pengertian perilaku konsumen menurut para ahli:
- Menurut
Schiffman dan Kanuk [2000]: adalah proses yang dilalui oleh seseorang
dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, & bertindak pasca
konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi
kebutuhannya.
- Lalu
menurut, Schiffman & Kanuk: Merupakan studi yang mengkaji bagaimana
individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia
& dimiliki (waktu, uang & usaha) untuk mendapatkan barang atau
jasa yang akan dikonsumsi.
- Dan
menurut, John C. Mowen & Michael Minor : perilaku konsumen sebagai
studi tentang unit pembelian (buying unit) & proses pertukaran yang
melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa & pengalaman
serta ide-ide.
Konsumen
dapat merupakan seorang individu maupun suatu organisasi, mereka
memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin
berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Perilaku
konsumen secara umum dibagi menjadi 2 (dua) yaitu perilaku konsumen
yang bersifat Rasional dan bersifat Irrasional, berikut ciri-cirinya:
Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat Rasional, diantaranya seperti:
- Koumen memilih barang yang berdasarkan dengan kebutuhannya.
- Barang yang dipilih oleh konsumen memberikan manfaat atau kegunaan yang optimal bagi konsumen.
- Konsumen memilih barang yang kualitasnya terjamin.
- Konsumen memilih barang yang harganya sesuai kemampuan atau daya belinya.
Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat Irrasional, diantaranya seperti:
- Konsumen cepat tertarik dengan iklan ataupun promosi di media cetak maupun media elektronik.
- Konsumen memiliki barang-barang bermerk yang sudah terkenal atau dikenal luas.
- Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhannya, melainkan karena gengsi atau prestise.
Pendekatan Perilaku Konsumen, diantaranya ada 2 (dua) macam, yaitu:
1. Perilaku kardinal yaitu merupakan kepuasan individu atau seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan. Setiap menambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu. Semakin banyak atau semakin besar jumlah barang yang dapat dikonsumsi maka semakin tinggi pula tingkat kepuasannya. Konsumen ini akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan yang dia dimiliki.
2. Perilaku ordinal yaitu, dalam pendekatan ini daya guna suatu produk atau jasa tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui saja dan konsumen mampu membuat urutan tinggi – rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok produk atau jasa.
tugas perilaku konsumen 6
PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI GADGET/HP
KASUS:
Pada saat ini teknologi informasi
memang menarik untuk dicermati, karena teknologi informasi ini memiliki
nilai pasar yang tinggi, seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat,
sangat banyak orang-orang yang membeli gadget terbaru dengan alasan
sedang trendy, tidak mau ketinggalan mode, ataupun mewujudkan gaya
hidup.
padahal kegunaan dari gadget itu
tidak hanya trendy, mengikuti model, dll, melainkan sebagai alat
komunikasi dan informasi, misalnya banyak pemilik hp yang mengganti
dengan merek hp tertentu atau dengan alasan tertentu pula. Pada saat ini
hp yang laku dipasaran setidaknya harus memiliki fasilitas cukup
memadai, misalnya: kamera, internet, mp3 player, dll. Hal ini membuat
konsumen selalu memiliki HP dengan fasilitas canggih.
Pertanyaan:
1) Setujuhkan saudara bahwa ada
sebagian orang berpendapat bahwa banyak orang yang memiliki HP untuk
memenuhi gaya Hidup, Trendy tidak lebih dari itu. Penjelasan saudara
disertai alasan dan contohnya.
2) Jelaskan Pendapat saudra,
Bagaimana perilaku konsumen pada saat mengambil keputusan untuk membeli
HP. Pertimbangan apa yang biasanya dilakukan oleh konsumen?
3) Menurut saudara sesuai dengan
perkembangan teknologi saat ini HP yang bagaimana banyak digemari
konsumen dan juga untuk masa-masa mendatang.
4) Coba sebutkan merek-merek hp yang
terkenal (miniman 7, beserta/termasuk fasilitas-fasilitas yang ada
didalamnya untuk masing-masing hp tersebut!
Jawab:
1) Setuju, karena gaya hidup manusia
sekarang sudah serba moderen dan jelas HP membantu mempermudah gaya
hidup kita. Zaman dulu, untuk berkomunikasi kita hanya bisa menggunakan
surat yang bisa menghabiskan banyak waktu, sekarang dengan HP, bila kita
ingin berkomunikasi dengan seseorang kita bisa langsung menelfon,
berkirim pesan ataupun email. contohnya: para pekerja kantoran/pebisnis
pasti memanfaatkan hp untuk bertukar pesan atau menghubungi kolega
bisnisnya.
2) Pertimbangan awal ketika membeli
gadget tentunya adalah harga, apakah harganya pantas atau tidak melihat
banyaknya fitur yang ditawarkan dalam HP tersebut. Pertimbangan
selanjutnya adalah, sistem operasionalnya, apakah os tersebut bersifat
kormesil atau non komersil yang bisa mempengaruhi pemakain dan grafik
pada handphone. Dan tentu saja kualitas hp, seperti hardwarenya.
3) Berhubung banyaknya media social
baru bermunculan, ditambah media social merupakan bagian dari gaya
hidup, saya rasa hp yang bisa mengakses semua media sosial adalah hp
yang akan tetap digemari di masa sekarang hingga masa mendatang.
4) Iphone: Game
pada iOS tidak perlu diragukan lagi, karena OS dan Hardware yang khusus
membuat iPhone menjadi Handphone yang enak untuk bermain game tanpa
mempermasalahkan grafik-nya.
-samsung: Game
pada Android perlu diperhatikan, karna OS ini bersifat komersial
terkadang beberapa game tidak sanggup dijalankan dibeberapa handphone
berbasis Android. Bisa karena hardware yang kurang mendukung ataupun OS
yang belum diperbarui.
- BB: Pesan Instan BBM sampai saat ini tidak akan semulus penggunaanya ketika menggunakan ponsel pintar lainnya.
-Nokia: Baterai yang tahan lama
-Xiaomi: prosesor
Quad core berkecepatan 2,5 GHz dan chipset termutakhir dari Qualcomm
Snapdragon 801. Untuk mendukung performa tinggi, smartphone ini
membenamkan RAM sebesar 3 GB.
- Sonny Xperia: Xperia
C3 menyuguhkan flash LED yang akan menghasilkan bidikan sempurna baik
ketika kamu mengambilnya di waktu siang atau pun malam. Flash
memancarkan cahaya merata yang lembut di seluruh gambar, menangkap
setiap detail dalam detail sejernih kristal.
- Lenovo: ada
fitur pemindai sidik jari yang dipadukan dapur pacu berkecepatan
tinggi. Untuk urusan dapur pacu, Lenovo mengandalkan Ram berkapasitas
3GB serta processor Octa Core 64-Bit yang siap mengoptimalkan kineja
gaming ponsel ini.
Spesifikasi
Lenovo K4 Note memang cocok dipakai bermain game-game HD yang
membutuhkan kinerja pemrosesan tinggi agar bisa berjalan lancar. Apalagi
Lenovo menawarkan layar berukuran besar yang mampu menampilkan setiap
konten tiga dimensi dengan kualitas grafis lebih detail
Tidak ada komentar:
Posting Komentar