Kamis, 14 Januari 2016

perilaku konsumen 2

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi, dan membuang produk ataupun jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Atau definisi perilaku konsumen yang lainnya yaitu proses dan aktifitas saat seseorang atau organisasi berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian, dan pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa.
Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap diantaranya tahap sebelum pembelian, pembelian, dan tahap setelah pembelian barang atau jasa. Pada tahap sebelum pembelian konsumen biasanya melakukan pencarian informasi mengenai produk dan jasa tersebut. Lalu pada tahap pembelian, konsumen melakukan pembelian produk atau jasa. Dan pada tahap setelah pembelian, konsumen akan melakukan konsumsi atau penggunaan produk, evaluasi kinerja produk atau jasa tersebut, dan pada akhirnya akan membuang produk atau jasa tersebut setelah digunakannya.
Berikut dibawah ini beberapa pengertian perilaku konsumen menurut para ahli:
  1. Menurut Schiffman dan Kanuk [2000]: adalah proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, & bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
  2. Lalu menurut, Schiffman & Kanuk: Merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia & dimiliki (waktu, uang & usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
  3. Dan menurut, John C. Mowen & Michael Minor : perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) & proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa & pengalaman serta ide-ide.
Konsumen dapat merupakan seorang individu maupun suatu organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi 2 (dua) yaitu perilaku konsumen yang bersifat Rasional dan bersifat Irrasional, berikut ciri-cirinya:
Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat Rasional, diantaranya seperti:
  • Koumen memilih barang yang berdasarkan dengan kebutuhannya.
  • Barang yang dipilih oleh konsumen memberikan manfaat atau kegunaan yang optimal bagi konsumen.
  • Konsumen memilih barang yang kualitasnya terjamin.
  • Konsumen memilih barang yang harganya sesuai kemampuan atau daya belinya.
Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat Irrasional, diantaranya seperti:
  • Konsumen cepat tertarik dengan iklan ataupun promosi di media cetak maupun media elektronik.
  • Konsumen memiliki barang-barang bermerk yang sudah terkenal atau dikenal luas.
  • Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhannya, melainkan karena gengsi atau prestise.
Pendekatan Perilaku Konsumen, diantaranya ada 2 (dua) macam, yaitu:

1. Perilaku kardinal yaitu merupakan kepuasan individu atau seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan. Setiap menambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu. Semakin banyak atau semakin besar jumlah barang yang dapat dikonsumsi maka semakin tinggi pula tingkat kepuasannya. Konsumen ini akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan yang dia dimiliki. 

2. Perilaku ordinal yaitu, dalam pendekatan ini daya guna suatu produk atau jasa tidak  perlu diukur, cukup untuk diketahui saja dan konsumen mampu membuat urutan tinggi – rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok produk atau jasa.

tugas perilaku konsumen 6

PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI GADGET/HP

KASUS:


Pada saat ini teknologi informasi memang menarik untuk dicermati, karena teknologi informasi ini memiliki nilai pasar yang tinggi, seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, sangat banyak orang-orang yang membeli gadget terbaru dengan alasan sedang trendy, tidak mau ketinggalan mode, ataupun mewujudkan gaya hidup.
padahal kegunaan dari gadget itu tidak hanya trendy, mengikuti model, dll, melainkan sebagai alat komunikasi dan informasi, misalnya banyak pemilik hp yang mengganti dengan merek hp tertentu atau dengan alasan tertentu pula. Pada saat ini hp yang laku dipasaran setidaknya harus memiliki fasilitas cukup memadai, misalnya: kamera, internet, mp3 player, dll. Hal ini membuat konsumen selalu memiliki HP dengan fasilitas canggih.

Pertanyaan:
1) Setujuhkan saudara bahwa ada sebagian orang berpendapat bahwa banyak orang yang memiliki HP untuk memenuhi gaya Hidup, Trendy tidak lebih dari itu. Penjelasan saudara disertai alasan dan contohnya.
2) Jelaskan Pendapat saudra, Bagaimana perilaku konsumen pada saat mengambil keputusan untuk membeli HP. Pertimbangan apa yang biasanya dilakukan oleh konsumen?
3) Menurut saudara sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini HP yang bagaimana banyak digemari konsumen dan juga untuk masa-masa mendatang.
4) Coba sebutkan merek-merek hp yang terkenal (miniman 7, beserta/termasuk fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya untuk masing-masing hp tersebut!
Jawab:
1) Setuju, karena gaya hidup manusia sekarang sudah serba moderen dan jelas HP membantu mempermudah gaya hidup kita. Zaman dulu, untuk berkomunikasi kita hanya bisa menggunakan surat yang bisa menghabiskan banyak waktu, sekarang dengan HP, bila kita ingin berkomunikasi dengan seseorang kita bisa langsung menelfon, berkirim pesan ataupun email. contohnya: para pekerja kantoran/pebisnis pasti memanfaatkan hp untuk bertukar pesan atau menghubungi kolega bisnisnya.
2) Pertimbangan awal ketika membeli gadget tentunya adalah harga, apakah harganya pantas atau tidak melihat banyaknya fitur yang ditawarkan dalam HP tersebut. Pertimbangan selanjutnya adalah, sistem operasionalnya, apakah os tersebut bersifat kormesil atau non komersil yang bisa mempengaruhi pemakain dan grafik pada handphone. Dan tentu saja kualitas hp, seperti hardwarenya.
3) Berhubung banyaknya media social baru bermunculan, ditambah media social merupakan bagian dari gaya hidup, saya rasa hp yang bisa mengakses semua media sosial adalah hp yang akan tetap digemari di masa sekarang hingga masa mendatang.
4) Iphone: Game pada iOS tidak perlu diragukan lagi, karena OS dan Hardware yang khusus membuat iPhone menjadi Handphone yang enak untuk bermain game tanpa mempermasalahkan grafik-nya.
-samsung: Game pada Android perlu diperhatikan, karna OS ini bersifat komersial terkadang beberapa game tidak sanggup dijalankan dibeberapa handphone berbasis Android. Bisa karena hardware yang kurang mendukung ataupun OS yang belum diperbarui.


- BB: Pesan Instan BBM sampai saat ini tidak akan semulus penggunaanya ketika menggunakan ponsel pintar lainnya.

-Nokia: Baterai yang tahan lama

-Xiaomi:  prosesor Quad core berkecepatan 2,5 GHz dan chipset termutakhir dari Qualcomm Snapdragon 801. Untuk mendukung performa tinggi, smartphone ini membenamkan RAM sebesar 3 GB.

- Sonny Xperia: Xperia C3 menyuguhkan flash LED yang akan menghasilkan bidikan sempurna baik ketika kamu mengambilnya di waktu siang atau pun malam. Flash memancarkan cahaya merata yang lembut di seluruh gambar, menangkap setiap detail dalam detail sejernih kristal.

- Lenovo: ada fitur pemindai sidik jari yang dipadukan dapur pacu berkecepatan tinggi. Untuk urusan dapur pacu, Lenovo mengandalkan Ram berkapasitas 3GB serta processor Octa Core 64-Bit yang siap mengoptimalkan kineja gaming ponsel ini.
Spesifikasi Lenovo K4 Note memang cocok dipakai bermain game-game HD yang membutuhkan kinerja pemrosesan tinggi agar bisa berjalan lancar. Apalagi Lenovo menawarkan layar berukuran besar yang mampu menampilkan setiap konten tiga dimensi dengan kualitas grafis lebih detail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar